Tuesday, June 9, 2015

Alat - Alat Penolong Diatas Kapal (2)

4. Inflatable Life Craft
Merupakan rakit apung yang dapat ditiup secara otomatis dengan menggunakan zat asam arang di dalam satu tabung yang diletakkan dibagian luar dari lantainya. Banyaknya zat asam arang harus cukup untuk mengisi ruang bagian yang melintang dan bagian penyangganya. Penyangga tersebut bila terisi oleh asam arang secara otomatis akan menaikan tendanya. Berat sebuah rakit ini yang berkapasitas 20 orang bila disimpan dalam peti adalah sekitar 95 kg dengan ukuran panjang, lebar dan tinggi adalah 1,50 x 0,60 x 0,45 meter dan dalam keadaan menggelembung ukurannya sekitar 4,90 x 3,05 x 1,40 meter.
Inflatable Life Craft
Persyaratan Inflatable Life Craft

  1. Peniupan harus secara otomatis dan cepat dengan pelaksanaan sederhana
  2. Dilengkapi dengan tali penahan melalui sisi luar dan diikat pada sambungan tali pengaman
  3. Dengan mudah dapat dibalik bila akan membalik bagian atas ke bawah
  4. Diberi warna pada bagian luar (jingga) yang tertutup ganda hingga yang berada didalam cukup terlindung 
  5. Pada keadaa mengelembung harus dalam keadaan tegak, dan mempunyai stabilitas yang cukup baik dalam segala posisi
  6. Mempunyai ruangan yang cukup untuk jumlah orang yang diijinkan. Jumlah orang yang diijinkan harus dituliskan pada rakit penolong (luas lantai untuk tiap orang paling sedikit 37,2 cm
  7. Diberi perlengkapan untuk dapat dipakai naik dari air kedalam rakit
  8. Daya apung, lantai, lengkung penyangga harus cukup menyangga jumlah orang yang diijinkan

5. Life Boat (Sekoci)
Konstruksi yang khusus sehingga pergerakannya bisa dengan dayung, layar maupun secara mekanik. Ukuran sekoci sebaiknya dicantumkan, bersama-sama dengan jumlah penumpang yang diijinkan, initial surveyor dan tanggal pemeriksaan
Sekoci
Peraturan Penyimpanan Sekoci

  1. Mampu diluncurkan secara aman dan cepat ke air meski dalam kondisi yang tidak menguntungkan
  2. Masing-masing harus mampu diluncurkan ke air tanpa mengikutsertakan penurunan alat-alat yang lain
  3. Memungkinkan untuk menaikkan penumpang-penumpang secara cepat.

Sekoci dibagi menjadi 2 bagian yakni :
1. Sekoci Penolong
Merupakan sekoci dengan bentuk terbuka yang dilengkapi dengan peti-peti udara untuk memperbesar daya apung.

Sekoci penolong dibagi menjadi :

  • Sekoci penolong berdayung : Jenis sekoci paling kecil dan sederhana, dilengkapi dayung 9 pasang (kanan-kiri); Hanya boleh diisi dengan penumpang sebanyak 60 orang.
Sekoci penolong berdayung
  • Sekoci bermotor klas A : Mesinnya harus cukup kuat untuk melarikan sekoci dengan penumpang penuh, dengan kecepatan 6 knot dalam air yang tenang; Bahan bakar cukup untuk berlayar terus menerus selama 24 jam; Harus mempunyai jarak tempuh paling sedikit 144 mil; Mampu membawa penumpang paling sedikit 100 orang dan paling banyak 150 orang.
  • Sekoci bermotor klas B : Mesinnya harus cukup kuat untuk melarikan sekoci dengan penumpang penuh, dengan kecepatan 4 knot dalam air yang tenang; Bahan bakar cukup untuk berlayar terus menerus selama 12 jam; Harus mempunyai jarak tempuh paling sedikit 48 mil; Mampu membawa penumpang paling sedikit 60 orang dan paling banyak 100 orang
Sekoci Bermotor Klas B
  • Sekoci penolong berbaling-baling dengan gerakan mekanis (flamming patent) : Punya cukup tenaga untuk dapat mengolah gerak dengan cepat dan bebas dari lambung kapal setelah diturunkan diair; Harus dapat mempertahankan haluannya, dalam keadaan cuaca laut buruk; Mempunyai kecepatan 4 knot dalam air tenang; Alat penggerak harus dapat ditanggani orang-orang yang tidak terlatih dan dapat segera digerakkan setelah berada dalam air (walaupun sekoci sudah kemasukan air); Harus diberi peralatan agar baling-baling dapat digerakkan mundur.

2. Sekoci Biasa/Pekerja
Merupakan sekoci terbuka dengan bentuk muka lancip serta belakang yang rata, tanpa dilengkapi alat untuk memperbesar daya apun


Sumber : Materi Pelatihan BST

Semoga Bermanfaat...

No comments:

Post a Comment